Jumat, 09 Oktober 2020

Menangani Anak Autis


Resensi Buku Nonfiksi: Autisme: Pada Anak

Judul buku: Autisme: Pada Anak

Pengarang: Dr. Dr. Y. Handojo, MPH

Penerbit: PT Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia

Tahun Terbit: 2009

Dimensi:  14,5 x 20 cm

Jumlah halaman: 273


Buku ini sudah lama saya cari. Beberapa toko online yang saya kunjungi menunjukkan stok kosong. Akhirnya ada seorang teman FB yang memberi nomor seseorang yang menjual buku-buku tentang Autisme. Dan saya mendapatkan versi tidak lengkap (tanpa DVD).

Buku yang bertujuan untuk menyiapkan anak autis untuk mandiri dan masuk sekolah reguler dengan Metode ABA Basic ini disampaikan dengan bahasa yan ringkas, padat, dan jelas. Pada Bab I, Pendahuluan, berisi persiapan sebelum melakukan terapi dan teknik-teknik dasar Metode ABA.

Bab selanjutnya berisi langkah demi langkah-langkah Metode ABA (basic) mulai mengajarkan kontak mata, kepatuhan, kemampuan bahasa reseptif, pra-akademik, akademik, sampai step-step melatih kemampuan membantu diri (self help skills). Tidak ketinggalan cara mengajarkan bermain sehingga anak bisa belajar banyak dari aktifitas bermainnya.

Buku ini sangat bagus dimiliki orang tua yang ingin memberikan terapi anak berkelanjutan di rumah setelah mendapatkan terapi dari terapis profesional. Untuk orang tua yang belum pernah belajar Metode ABA, buku ini juga dilengkapi dengan DVD yang dapat memberikan contoh-contoh dari langkah-langkah kegiatan terapi. Hanya satu yang disayangkan, buku yang mengajarkan Metode ABA Basic ini sangat sulit ditemukan, baik di toko buku offline maupun online. Kalaupun ada, kebanyakan bukan buku asli dan tidak disertai DVD.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PAMER

  Ada tulisan dari seorang influencer yang mengajak unsubcribe Atta Halilintar karena dianggap terlalu mengekspos kekayaannya. Hal ini dite...